Menu Melayang

9 Kerusakan Laptop Paling Umum dan Solusinya

9 Kerusakan Laptop Paling Umum dan Solusinya

Ada beberapa kategori kerusakan pada laptop, mulai dari yang biasa, sedang, hingga rusak parah. Tapi kali ini, saya akan membahas kerusakan laptop yang paling umum terjadi.

Biasanya kerusakan yang terjadi pada laptop itu disebabkan oleh kelalaian perawatan pada laptop kita atau kita sengaja mengabaikan perawatan yang mungkin dianggap spele.

Ada beberapa orang yang mungkin rutin merawat laptopnya tetapi masih saja mengalami masalah atau kerusakan. Nah itu perlu kita cermati, yang sering merawat saja masih mengalami kerusakan apalagi yang mengabaikan perawatan.



Perawatan laptop sendiri bertujuan agar performa laptop tetap stabil dan berumur panjang. Di sini akan saya paparkan beberapa kerusakan laptop paling umum beserta solusinya.


1. Laptop Mati Total
Ini termasuk kategori rusak parah, ketika Anda colok adapter ke laptop lampu indikator tidak menyala, begitu juga ketika menekan tombol power di laptop, tidak ada reaksi, laptop mati, tanpa gambar, suara, dan lampu indikator.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Kerusakan pada AC adaptor dan baterai habis total, coba test dulu kabel adaptor (kabel charge) bisa menggunakan multitester (telusuri di google), jika ternyata rusak cukup ganti adaptor.
  • Konektor colokan untuk charge pada laptop (DC jack) terlepas dari motherboard atau longgar. Atau DC jack rusak sehingga laptop tidak menerima arus listrik/daya dari adaptor. Jika rusak maka ganti saja DC jacknya.
  • Kerusakan pada motherboard atau mungkin jebol, ini sangat fatal kemungkinan tidak bisa di perbaiki.


2. Laptop Mati secara Tiba-tiba
Laptop menyala tetapi tidak menujukan gambar dan beberapa detik kemudian mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Hal itu bisa saja terjadi karena beberapa jenis kegagalan pada motherboard. Anda dapat mencoba reseating atau mengganti memori. Jika tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada motherboard. Pada kasus yang lain sangat sulit mengganti motherboard, kebanyakan beli laptop yang baru.
  • Atau juga perbaiki laptop anda ke tempat service, dan jika mungkin rusak pada motherboardnya akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk laptop bisa bekerja seperti semula.

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Label

Artikel (1)

Postingan Populer